DIY HB WHITENING (Cara Membuat Lotion Pemutih Kulit di Rumah)

by - February 28, 2019

Nah sekarang kan lagi booming banget badan putih kinclong kayak artis Korea. Bagi kalian pasti sering banget liat iklan entah itu di Instagram atau di media sosial lainnya yang jual lotion pemutih racikan dengan berbagai merek atau istilahnya tuh HB Whitening gitu.  Kebanyakan dari HB whitening ini itu mengklaim kalau mereka bisa memutihkan kulit kita dalam waktu yang singkat, ada yang bahkan cuma butuh waktu tiga hari. Kalian percaya nggak gengs kalo bahan nya aman? Enggak mengandung bahan yang berbahaya misalnya aja kaya ada campuran Dermovate atau yg lebih parah lagi kandungan Merkuri? 
Nah daripada kalian beli HB Whitening yang nggak jelas ingredientsnya dan siapa tau bakalan bikin efek samping misalnya kayak munculnya urat urat dibagian kulit seperti yang sering banget dikasih tau sama dokter MitaSpKK., mending kita buat sendiri lotion pemutih yang udah pasti aman dan harganya muraaaaaah. 
Kalau kita buat sendiri yang pertama terjamin lotion nya itu punya merek dan BPOM, bukan merek abal abal, yang kedua kita jadi tahu ingridients apa aja yang kita campur ke dalam lotion tersebut soalnya nggak sembarang ingredients bisa dikombinasikan sesuka hati. Ada beberapa ingridients yang kalau dicampur tuh bakalan menimbulkan efek buruk ataupun iritasi di kulit kita apalagi di kulit aku yang sangat sangat sensitif ini. 

Nah sebelum aku yang ngasih tahu gimana cara ngebuat atau ngeracik lotion pemutih sendiri,  kita  harus tahu dulu bahan apa aja yang boleh atau nggak boleh dicampur dengan vitamin C. Ini dia listnya:
  1. Vit C+ Retinol
Vitamin C dan Retinol bekerja optimal dalam lingkungan keasaman (pH) yang berbeda, dan seharusnya tidak dikombinasikan. Vitamin C diformulasikan pada kadar pH rendah, kurang dari 3,5, sementara retinol bekerja dalam ph 5,5-6 .

  1. Vit C + AHA/BHA   
AHA (kulit kering) ️ 5-10%
Glycolic Acid
Lactic acid
Malic acid
Mandelic acid

BHA (kulit berminyak) ️ 1-4%
Salicilyc Acid

Vitamin C dan produk hydroxy acid sebenarnya bisa saja dipakai bersamaan karena keduanya bekerja di lingkungan yang asam. Walau begitu, pada kulit yang kering, pemakaian zat aktif ini bersama-sama bisa menyebabkan iritasi. Untuk kulit berminyak lebih aman, tetapi tetap beri jeda beberapa menit sebelum memakai produk berikutnya.
  1. Benzoyl Peroxide + Vitamin C
Benzoyl peroxide biasanya ada dalam produk antijerawat dan membantu membunuh bakteri pada kulit. Benzoyl peroxide jangan dipakai bersama dengan serum vitamin C karena bisa mengoksidasi vitaminnya. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, kombinasi produk benzoyl peroxide seperti toner, dan vitamin C, bisa bekerja dengan baik. Tapi, beri jeda sebelum pemakaian keduanya.
  1. Vit C + Niacinamide
Menurut Femaledaily.com 
Gabungan antara dua ingredient ini sebenarnya masih jadi perdebatan di luar sana. Ada yang beranggapan bahwa kombinasi keduanya menghasilkan niacin, substansi yang akan membuat kulit menjadi merah seperti kepiting rebus dan mengurangi performa vitamin C, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa nggak semua orang akan merasakan dampak buruk dari reaksi tersebut.
In a very science-y post from kindofstephen.com, dijelaskan bahwa kadang reaksi memerah dari kulit bisa jadi karena formulasi produk vitamin C-nya yang kurang stabil dan bukan karena hasil dari niacin. Selain itu, proses pembentukan niacin pun nggak sesederhana itu, karena dari hasil penelitian yang dilakukan selama kurang lebih enam minggu, presentase niacin yang terbentuk pun sangat rendah, hanya sekitar 1 – 2 %.
Hal ini bukan berarti lantas kita bisa bebas memakai vitamin C dan niacinamide berbarengan tanpa caution, karena tentu balik lagi ke formulasi kedua produk masing-masing, bisa saja yang membuat iritasi adalah formulasinya dan bukan reaksi yang ditimbulkan saat keduanya digabung. Best bet, dipakai di saat yang berbeda (pagi – malam) seperti bahan-bahan di atas.
Nah kalo udah tau bahan-bahan apa aja yang gak boleh dicampur dengan vitamin C, sekarang aku mau ngajarin gimana ngeracik HB Whitening versi aku.
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Lotion pelindung dari sinar UV (aku makai merek Nivea Extra White)
  • Serum Vitamin C dari Hanasui
  • Jar
  • Spatula

 Cara Membuat :

Aku memakai Serum vitamin C dari Hanasui harganya murah banget sekitar Rp 20000. Untuk lotion utamanya di sini bisa make merek apa aja gitu asal bahannya tidak berlawanan dengan serum vitamin C, biasanya aku make Vaseline Serum atau Nivea terserah pokoknya yang berfungsi buat nahan sinar uv. Aku ngeraciknya di dalan sebuah jar
Biasanya aku makai perbandingan satu jar ini aku isi setengah dari isi Serum vitamin C, terus aku aduk pake spatula hingga rata. Teksturnya akan sedikit lebih cair dari sebelumnya, Selesai deh. Segampang itu kan. Banyak banget keuntungan dari ngeracik lotion atau HB Whitening sendiri, pertama harganya lebih murah, kedua kalian tahu bahan bahan apa aja yang kita pake ke kulit, yang ketiga udah pasti aman nggak abalabal dan bebas bahan berbahaya yang memicu kanker. Untuk pemakaian biasanya dalam sehari aku bisa ngeapply beberapa kali kalau misal aku lagi di luar ruangan, bisa sampai tiga empat kali, kalo di rumah aja seharian gak kemana mana sehari cukup make tiga kali setiap habis mandi sama mau tidur. Untuk lotion malam aku make Vaseline Healthy White Night Repair terus aku campur in pake serum vitamin C ini.
Untuk hasil sekitar sekitar satu bulan udah terlihat lebih cerah banget, cerahnya itu langsung dari dalam kulit bukan dari luar yang bikin kulit kita keliatan abu-abu gitu. Aku puas banget make lotion ini, sampe teman aku tuh bilang kulit aku tuh putih banget terus flek-flek di kulit tangan aku itu juga mulai berkurang (aku emang punya freckles di tangan kalo kena matahari langsung ).
Sesudah memakai HB Racikan ( full makeup, makai foundation yang  light, warna tangan sama muka aku sama putihnya

Ini gak pake foundation, warna kulit muka sama dengan tangan



You May Also Like

2 comments

  1. wah seneng bgt nemu blog ini :') makasih kak . kebetulan kulit aku juga sensitif, jadi takut kalo nyoba yg abal abal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh makasih yaaa, semoga bisa membantu 🖤

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan memberikan komentar di blok saya. Komentar yang berbau SARA akan saya hapus secara otomatis.