KESALAHAN UMUM DALAM MENGGUNAKAN SUNSCREEN

by - March 21, 2019

Assalamualaikum, gengs...
Kali ini aku bakalan sedikit ngejelasin tetang apa itu SPF, jenis-jenis SPF terus tuh yang paling penting, gimana sih cara makai sunscreen yang benar, soalnya aku aja baru banget tau kalo selama ini aku udah salah dalam ngeaplikasiin sunscreen :’’ Aku jelasin satu-satu yah.


Apa itu SPF pada sunscreen ?
Pasti kalian sering banget ngeliat produk dengan tulisan “mengandung SPF 20 ” atau sejenisnya kan ? Nah, maksud dari SPF ini adalah sebuah produk perlindungan dari sengatan matahari terhadap kulit kita. Maksud dari angka yang ada pada SPF menjadi penentu seberapa lama sunscreen kamu dapat melindungi kulit kamu dari sinar UV. Cara ngitungnya tuh gini gengs :
SPF 15 = 15 x 15 menit
SPF 30 = 30 x 15 menit
SPF 50 = 50 x 15 menit

 Terus tuh, apa aja sih jenis jenis sunscreen ?
Sebenarya dalam dunia skincare, sunscreen itu ada dua jenis gengs, yaitu :

  • 1.      CHEMICAL SUNSCREEN

Chemical sunscreen kerjanya memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Kok ribet banget sih ? Iyaa emang wkwkw jadi bahasa sederhananya tuh dia ini fungsinya gak ngehalau atau ngemantulin sinar UV yang masuk ke kulit kita, tapi menyerapnya terus ngeluarin lagi dalam bentuk energi.

Chemical sunscreen harus diaplikasiin 20 menit sebelum kamu berada di bawah sinar matahari langsung soalnya kandungannya membutuhkan waktu untuk diserap kulit. Formula dari chemical sunscreen kurang tahan lama dibandingkan physical sunscreen. Teksturnya lebih cair, ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit sehingga gak menimbulkan whitecast. Sunscreen jenis ini cocok untuk orang yang jenis kulitnya berminyak.
Kandungan utama chemical sunscreen tuh biasanya:
Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, Uvinul A Plus.
Contoh produk Chemical Sunscreen:
-          Emina SPF 30
-          Neutrogena ultra sheer sunscreen lotion SPF 50
-          Wardah sunscreen gel
-          Skinaqua SPF 20, 25 dan 30

  • 2.      PHYSICAL SUNSCREEN
Physical sunscreen ini bekerja dengan cara menghalangi sinar uv dengan memanfaatkan kandungan titanium dan zinc sebagai uv filter. Berfungsi menghalau sinar UVA dan UVB masuk ke UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit. Physical sunscreen ini bekerja lebih stabil dibanding dengan chemical sunscreen selain itu physical sunscreen juga bisa bekerja langsung sesaat setelah diaplikasikan pada kulit, jadi kalo kamu lagi mau buru-buru, pake sunscreen ini aja gengs. Kandungan utama di physical sunscreen tuh: Physical blocker, Zinc oxide serta Titanium dioxide
Contoh produk Physical sunscreen :
Skinaqua SPF 50
Innisfree Perfect UV Protection Triple Care
Cetaphil UVA/UVB

Nah, terus tuh ada beberapa fakta penting yang masih banyak orang yang gak tau saat memakai sunscreen atau gak kesalahan saat mengaplikasikan sunscreen, yaitu :
  • Sunscreen hendaknya di reapply setiap 2 jam sekali. Karena waktu perlindungan sunscreen itu terbatas serta setelah dipakai sunscreen akan terkikis oleh keringat, gesekan, gerakan mimik muka dll. Kalo lagi makai makeup, gimana cara reapplynya ? kamu bisa makai sunscreen spray kalo males cuci muka.
  • Sunscreen yang cocok untuk dipakai oleh acne prone skin yaitu yang kandungannya water based, oil free, non comodogenic serta minimal SPF 30
  • Sunscreen yang bisa dipakai oleh anak-anak atau kulit sensitive tapi gak dianjurkan untuk dipakai oleh orang dengan acne prone skin adalah inorganic sunscreen (physical sunscreen).
  • Sunscreen yang dianjurkan dipakai oleh remaja, dewasa dan berbagai tipe kulit normal lainnya adalah organic sunscreen ( chemical sunscreen)
  • Pilih sunscreen yang bersifat broad spectrum atau mengandung SPF dan PA. karena jenis ini termasuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA/UVB.
  • Rekomendasi sunscreen minimal tuh menururt dokter yang mengandung SPF 30 PA++.
  • Kebanyakan produk sunscreen itu mengandung kombinasi kedua jenis UV filter (organic dan inorganic). Produk kosmetik dan skincare tuh biasanya sudah mengandung UV filter, misl moisturizer dengan SPF, bedak dengan SPF dll.

Pertanyaan yang sering banget ditanyakan seputar sunscreen
Apa perbedaan dari sinar UVA dan UVB ?
Ksinar UVA dan UVB keduanya sama-sama bisa menyebabkan kulit terbakar, penuaan dini, melanoma serta berbagai jenis kanker kulit lainnya. UVA bisa menyebabkan kulit terbakar serta resiko tinggi terkena melanoma. Terus tuh kalo UVB bisa menyebabkan kerusakan sel yang beresiko menyebabkan kanker serta penuaan dini.

Apa manfaat dari sunscreen ?
Sunscreen itu dapat memfilter sinar matahri yang masuk ke kulit tetapi tidak bisa memblok radiasi dari sinar UV. Kulit kita tuh kalo diibaratkan sebuah SPF, dia tuh cuma seukiran sunscreen dengan SPF 2+ .
 
Seberapa banyak takaran sunscreen yang seharusnya kita pakai ?
Untuk ukuran orang dewasa, penggunaan sunscreen dalam sekali pakai tuh seukuran satu sendok the untuk bagian wajah, leher dan telinga.
Kalo buat tangan, masing-masing satu sendok teh. Banyak ? iyaa banyak banget gengs, makanya jangan Cuma sebesar biji jagung yah, ebda atuh ama pasta gigi hehehe
Pakai 20 menit sebelum keluar rumah dan jangan lupa untuk dipakai lagi setiap 2 jam sekali.

Apakah bayi juga boleh makai sunscreen ?
Iya, boleh, harus malah. Tapi sunscreennya yang sesuai untuk bayi yah, kalo aku gak salah sejak umur bayi 6 bulan udah bisa di pakein sunscreen.

Kalo lagi mendung, tetap harus make sunscreen gak ?
Iyaa, soalnya 70% sinar UV itu bisa menembus awan. Aku pernah nih yah waktu itu hari mendung dan gak pake sunscreen dan jalan2 sekitaran jam 11-13 siang. Keesokan harinya, kulit di jari-jari tangan aku langsung terbakar dan muncul flek hitam :”””

Nah, kan sudah tau apa itu SPF, jenis jenis sunscreen terus tuh fakta tentang pentingnya memakai sunscreen serta cara memakai sunscreen yang benar gimana. Jadi, jangan sampai salah lagi yah dan akhirnya sunscreen kita gak berfungsi maksimal. Jangan malas makai sunscreen soalnya sinar UV sekarang itu udah tergolong bahaya gengs. Sekian dari aku, semoga bermanfaat serta gak lupa juga terima kasih banget buat dokter Mita, SpKK yang udah sangat sangat mengedukasi akan mengenai pentingnya memakai sunscreen.

You May Also Like

5 comments

  1. Matahari yang jauhnya jutaan kilometer saja sudah membuat kulit terbakar, apalagi nanti di padang mahsyar di mana matahari sejengkal jaraknya dari kepala. Masya Allah 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya mas klonya meninggal entar dsruh mandiin sunscreen aja biar di padang mahsyar ngga kepanasan , sekadar mengingatkan 🤲

      Delete
    2. Makasih reminder nya ya hehehe

      Delete
  2. Aku sedikit bgt biasanya makai ss huhhhhh. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku dulu juga gitu. Sekarang karena udh tau jgn dikit dikit lagi yah heheh

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan memberikan komentar di blog saya. Komentar yang berbau SARA akan saya hapus secara otomatis. Terima kasih 🫶🏻