CARA UNTUK MENGURANGI LIMBAH PLASTIK

by - September 11, 2019

Assalamualaikum gaes…
Dalam rangka turut serta dalam kegiatan mencintai bumi dan lingkungan, sejak setahunan ini aku udah sangat sangat sering ngeshare tentang dampak negatif dari penggunaan plastik dll. Tau gak kalian kalo Indonesia tuh menjadi salah satu negara no 2 penyumbang sampah plastik terbesar di dunia setelah China :”’

Kenapa kita harus aware sama hal ini ?
Karena masih banyak generasi penerus yang berhak untuk menikmati indahnya alam, sejuknya udara, serta kehidupan yang sehat selain kita. Banyak hewan-hewan yang juga berhak untuk hidup di habitat aslinya tanpa tercemar, tanpa takut terjebak di dalam kantong plastik, tanpa kuatir akan kepunahan.

Salah satu usaha yang dapat kita lakukan untuk mengurangi limbah plastik yang ada di alam adalah dengan bebrapa hal kecil yang kita anggap gak penting tapi sebetulnya memiliki manfaat yang luar biasa. Here they are :

  • Start using Tumblr 
 

Gerakan satu juta tumblr yang dicanangkan oleh Keminfo pada bulan Juli 2019 ini bertujuan untuk mengurangi banyaknya limbah plastik. Sejak zaman kuliah aku sudah punya kebiasaan untuk selalu membawa tumblr kemanapun, tujuannya agar kalo haus aku tinggal minum aja gak cape nyari orang jualan dulu. Alhamdulillah akhirnya jadi kebiasaan sampe sekarang. Nah dengan selalu membawa tumblr kemana pun, kita akan sangat sangat membantu dalam mengurangi limbah plastik. Selain menghemat uang, membawa tumblr juga mampu menjamin kebersihan minuman yang kita minum soalnya kita sendiri yang masukin airnya ke dalam botol. Sekarang udah banyak banget olshop yang jual tumblr-tumblr lucu nan unik yang eyecatching banget kalo dibawa jalan-jalan. Jadi, jangan malu ya buat bawa tumblr saat kamu beraktivitas. Di swedia, pemerintahnya sudah menyediakan konter-konter yang dapat membantu kita untuk mengisi ulang air dalam botol minum kita secara gratis saat kita jalan-jalan, klo pas jalan-jalan dan air kita habis, tinggal isi ulang lagi. Semoga di Indonesia kebijakan kaya gini juga bisa terlaksana yah, aamiin…

  • Bawa tas belanja sendiri

Kalian pasti pernah pas belanja di Alfamart, Indomaret, atau mall gak dikasih kantong plastik lagi kan buat ngebungkus belanjaan kalian ? nah, itu tuh merupakan salah satu dari bentuk usaha pemerintah dalam mengurangi pemakaian kantong plastik atau bisa juga waktu kalian belanja di mall kalian ditawari untuk membungkus belanjaan kalian pake tas belanja yang bisa kita gunakan berkali-kali. Jadi, pesen aku, selalu bawa tas belanja kalian sendiri setiap kalian berbelanja yah, termasuk saat belanja ke kios-kios kecil.
  • Bawa tempat makan sendiri
Jadi, aku punya cerita nih, temen aku bawa tempat makan sendiri saat dia beli makanan, eh malah diketawain sama yang liat, ada ada aja kan tingkah manusia +62 ini. Itulah geng kenapa aku nekenin banget kenapa kita harus rajin membaca, rajin cari info, ini orang bawa tempat malah diketawain, padahal kan niatnya baik.
  • Mengurangi penggunaan tisu basah
Aku adalah orang yang sangaat sangaaaat jarang make tisu basah, soalnya terlalu wangi aja menurut aku. Jadi, bagi kalian yang belum tau, tisu basah tuh terbuat dari resin plastik, jadi resin plastik ini kalo diibaratkan dalam masakan, dia ini bumbunya. Jadi resin plastik ini adalah komposisi dalam membuat sebuah plastic gaes.
  • Tidak lagi menggunakan sedotan plastik
Kenapa ? aku udah pernah bahas di postingan sebelumnya. Kalo kalian belum baca silakan KLIKDISINI
  • Jangan pernah membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai
Karena sampah yang kita buang ke sungai itu akan bermuara ke laut, dan akhirnya akan menumpuk di sana dan menjadi pollutan bagi biota laut.

Aku sangat sangat menghimbau kalian, ayo, sekarang kita bergerak. Jangan nunggu nanti nanti, jangan nunggu orang lain dulu, ayo kita berubah dari sekarang, pikirin masa depan anak cucu kita, masa depan bumi kita. Bumi kita ini satu-satunya tempat tinggal kita gaes, kalo gak kita jaga, mau tinggal dimana lagi ?

You May Also Like

2 comments

  1. Yess agree :D
    Mengurangi sampah bisa dimulai dari kita sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup, aku kita duluan yg gerak, siapa tau org jadi terinspirasi. Better human being for the better world

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan memberikan komentar di blog saya. Komentar yang berbau SARA akan saya hapus secara otomatis. Terima kasih 🫶🏻