IT’S OKAY FOR NOT BEING OKAY

by - October 11, 2020

Saat ini, kalian tau gak kalo di dunia sedang digalangkan kampanye “Ask Twice”, melalui kampanye ini, kita diajak untuk menanyakan kabar orang lain sebanyak dua kali. Ini merupakan cara sederhana dan efektif untuk menunjukkan lawan bicara bahwa kita benar-benar ingin tau keadaannya, bukan sekedar basa basi belaka. Sadar gak kalo banyak banget hal kecil yang bisa kita lakuin untuk orang lain tapi punya feedback yang luar biasa besar. Salah satunya melalui pertanyaan “HOW ARE YOU, TODAY?” and it’s very simple question but may help thousand life. Why ?

Credit : https://buset-online.com/kegelisahan-dan-kekhawatiran-di-tengah-covid-19/
Sebelum kita bahas itu, aku mau kita sedikit bicarain masalah yang masih dianggap tabu dan kadang malah jadi bahan cemoohan di lingkungan sosial, mental health. Bener gak sih ?

Kemarin tanggal 10 Oktober diperingati sebagai World Mental Health Day, nah mari kita bahas sedikit tentang mental health.

Menurut Wikipedia, mental health atau kesehatan mental adalah tingkatan kesejahteraan psikologis atau ketiadaan gangguan jiwa. Kesehatan jiwa sendiri terdiri dari beberapa jenis kondisi, yaitu kondisi sehat, gangguan kecemasan, stress dan depresi.

Kenapa kesehatan mental itu penting ?

Sehat itu mencakup semua aspek, entah itu fisik atopun batin. Kenapa kesehatan mental itu sangat penting ? karena menyangkut cara kita berfikir, cara kita ngerasain sesuatu dan bertindak. Dengan ngejaga kesehatan mental, kita bisa menghindari gangguan kecemasan yang berlebihan apalagi saat berada di tengah orang banyak. Kesehatan mental yang baik juga sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup kita. Pernah denger gak kalo penyakit itu datangnya dari pikiran kita? Penelitian membuktikan kalo orang yang ngalamin tekanan mental memiliki 32% risiko lebih besar mengidap kanker. Kesehatan mental yang buruk juga sangat mempengaruhi kegiatan sosial kita dan pastinya itu akan sangat merugikan dan kalian tau gak kalo 90% kasus bunuh diri itu disebabkan oleh mental illness yang gak ditangani dengan baik. Menurut WHO, terdapat 4 kriteria yag menjadi pertanda terjaganya kesehatan mental kita, yaitu :

  • Dapat ngatasin stress dan masalah kehidupan
  • Mampu bekerja secara produktif
  • Bisa menggali potensi
  • Bekontribusi terhadap masyarakat sekitar

Di Indonesia sendiri, mental health masih dianggap sesuatu yang tabu dan salah dimengeti oleh orang-orang yang gak pernah ngalamin atau bersinggungan dengan kasusnya, apalagi awareness nya yang masih sangat rendah. Sebenarnya 1 dari 4 orang di dunia itu ngalamin masalah mental health, tapi masih belum disadarin aja, ya karena itu tadi, tingkat awareness nya yang masih sangat rendah. Banyak yang malu buat sekedar datang ke Psikolog atau Psikiater karena takut dibilang “gila”.

credit : https://www.voicesofyouth.org/blog/importance-mental-health

Seorang psikiater pernah bilang kalo setiap manusia punya kapasitas tertentu dalam ngehandle masalahnya dan disaat kapasitasnya itu udah mencapai batas maksimum, otak kita akan ngeluarin energi maksimalnya buat ngehandle masalah dan saat energi maksimal udah dikeluarkan tapi masalah kita belum terselesaikan dengan baik, itulah saat ketika seeorang memilih untuk bunuh diri. Makanya penting banget buat kita untuk tau seberapa besar sih limit yang kita punya.

Pernah gak kalian memandang kecil masalah yang dihadapi seseorang dan berakhir dengan ngejudge kek gini “Alah kaya gitu doang, itu mah gaada apa-apanya kalo dibandingin sama masalah gua, lo aja lebay”, kita tanpa sengaja menganggap remeh masalah yang dialami orang lain padahal kaya yang udah aku bilang tadi, setiap orang punya kapasitas yang berbeda buat ngehandle masalah. Kurangnya kepekaan kita terhadap situasi yang kek gini tuh akhirnya ngebuat orang tersebut malas membagi dan meminta pertolongan, karena yah dapat bantuan enggak eh malah dijudge.

credit : https://www.mhe-sme.org/together-we-can-make-it/

Yuk sama-sama belajar jadi tempat aman untuk orang lain bercerita, yang bisa mendengarkan tanpa menghakimi, yang bisa memberi masukan tanpa merendahkan.Tapi inget yah, beri saran kalo emang kamu diminta, soalnya kadang ada orang yang curhat tapi niatnya cuma butuh pendengar aja bukan penasehat wkwkwk oh iya satu lagi, saat ada orang lain yang mau curhat ke kamu, kamu harus mastiin dulu kalo mental kamu juga dalam kondisi stabil dan baik-baik aja. Setiap orang bertanggung jawab untuk emosinya masig-masing, termasuk kamu. Love yourself first. 

Disaat pandemi kaya gini dan gak kerasa kita udah memasuki bulan ke 10 di tahun 2020, banyaaak banget kejadian yang sangat mengejutkan dan maksa kita buat merubah dan beradaptasi terhadap beberapa kebiasaan sehari-hari dan disaat seperti itu, saat kamu masih dalam keadaan waras, bersyukurlah. Eh tapi, It’s okay for not being okay either ! stop menganggap apa yang kamu rasain itu sebagai sesuatu yang gak seharusnya ada.

Kalo kata dokter Jieme tuh berhenti mendiskon perasaan. Gimana sih maksudnya dengan mendiskon perasaan ? kek gini nih “Ah aku gak pantes sedih gini, masih ada yang lebih parah dibanding aku”. Mungkin kamu mikir kalo itu sebagai bentuk rasa syukur, iya sih gak salah juga, tapi akan lebih baik kalo saat ada perasaan sedih datang, jangan malah diusir dengan alasan “ga pantes ngerasainnya karena ada yang lebih buruk”. Hanya karena kita mampu nahan, bukan berarti emosinya itu gak ada, menekan perasaan bukan berarti kita baik-baik saja. Menangislah kalo itu bisa bikin kamu lebih baik, minta bantuanlah kamu emang diperlukan, kalo malu cerita ke manusia, kamu bisa cerita sama Allah, the point is you have to release the emotion.

Nah terus kalo keadaan kita udah mulai bisa nerima emosi itu, hal yang paling baik untuk kita lakuin adalah biarkan dia berlalu, maksudnya tuh jangan diratapin gitu gaes. Bukan malah sedih berkelanjutan tanpa mikirin “apanih yang bisa aku perbaikin biar gak kek gini lagi” atau stuck di kesedihan itu. Evaluasi kenapa kegagalan bisa terjadi dan mulai memperbaikinya dari sekarang, rasakan emosi yang muncul “oke aku emang lagi gak baik-baik aja”, do yourself a favour biar bisa happy lagi. Nah, itu menurut beliau bentuk kita menerima emosi dan tetap bersyukur, bersyukur disini tuh artinya kita tau kalo apa yang terjadi dalam hidup itu pasti ada hal yang dapat kita ambil pelajaran. Kebanyakan tuh ya orang-orang memilih untuk mengubur apa yang mereka rasakan, padahal dampaknya akan sangat buruk kalo emosi gak kita salurkan, dia akan menumpuk dan suatu saat bakalan “BOOOOM”.

Gaes, kalian juga harus tau kalo sangat wajar untuk punya alasan hidup dan mati di saat yang bersamaan apalagi disaat kadaan gak sesuai harapan. Hal yang paling penting yang bisa kita lakuin saat kita udah ngerasa “berat” tuh cari bantuan yang tepat dan tarik napas, seberat apapun, jangan lupa bernapas wkwkwk saat pikiran kita sedang ramai-ramainya mikirin masalah dan pengen cepet selesai, padahal kita tau kan gak semua bisa diselesaikan saat itu juga, disaat itulah kita butuh ketenangan dan kesabaran. Berdoa sama Allah juga jagan sampai lupa agar selalu dikuatkan dalam menjalani hari-hari ke depan karena dengan berdoa juga akan membantu kita buat ngelepas stress di otak.

Hakikatnya, orang yang mengalami masalah dengan kesehatan mental tuh sangat sangat membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekatnya. Mereka merasa gaada orang yang peduli gimana menderitanya mereka, gaada orang yang bisa diandalkan untuk ngebantu mereka keluar , ngerasa jadi orang yang gak berguna dan akhirnya yang paling parah tuh ampe nyakitin diri sendiri, disaat itulah puncaknya mereka ngerasa kalo mereka benar benar sendiran. Ngerasa kalo dunia gak akan kenapa-kenapa tanpa adanya mereka, toh gaada yang peduli juga kan sama apa yang mereka alamin, semua yang keluar dari pikiran mereka berbicara tentang hal hal negatif, dan hari hari tuh terasa sangat berat karena mereka harus selalu mengingatkan diri mereka kalo mereka orang yang kuat dan keadaan sedang baik baik saja, they denial the emotion agar selalu terlihat kuat, it feels like the world is crashing for them .

Masalah paling besar yang mereka alami adalah dimana orang-orang sekitar kadang gak sadar kalo mereka sedang menderita. Mereka sedang gak baik-baik aja walopun secara fisik terlihat baik baik aja.

Hal sederhana yang sangat sulit tapi sangat ingin mereka bilang tuh adalah kalo ini sulit banget, berat, mereka lagi gak baik-baik aja dan butuh banget bantuan, mereka ingin dimengerti oleh orang-orang terdekat mereka. Masalahnya disini adalah ketika mereka diminta menjelaskan apa yang mereka alamin ke orang yang bahkan belum pernah ngerasain hal yang sama dan berharap orang tersebut ngerti tuh adalah hal yang paling sulit, kadang yang di dapat bukan malah dukungan tapi penghakiman. Maka dari itu, hal yang sangat sangat sederhana tapi berdampak luar biasa ke mereka adalah saat kita bisa menjadi pendengar yang baik, membuat mereka merasa kalo mereka gak sendirian di dunia ini, kalo banyak banget orang yang sayang, butuh dan peduli sama mereka, kalo mereka bisa ngelaluin ini semua dan bisa hidup “normal” kaya orang pada umumnya adalah dengan kita sedikit meluangkan waktu untuk sekedar menanyakan kabar dan menawarkan bantuan atau bahkan dengan menemani mereka mencari bantuan sama yang ahlinya, soalnya feels like u’re alone is sucks, believe me.

Yuk dari sekarang kita belajar peka sama keadaan orang-orang terdekat kita. Karena kita ga pernah tau apa aja yang sedang bersarang di kepala seseorang, jadi, mungkin dengan satu kalimat sederhana “How are you, today?” ini bisa nyelametin banyak nyawa. Kalo mereka lagi butuh pendengar, dengerin dengan sepenuh hati, deep listening. Karena dengan mendengarkan, kita menganggap kalo dia itu ada, dengan menengarkan kita memberikan penerimaan terhadap dia, dan hal itu udah lumayan bisa ngebantu. Inget ya, kita yang jadi pendengar juga gak perlu ngerasa terbebani untuk bisa membantu mereka ngatasin masalah atau memulihkan kondisi mereka karena mungkin itu diluar kompetensi dan peran kita juga. Jadi, kalo kita udah ngerasa kalo temen kita udah saatnya membutuhkan pertolongan dari profesional, bantu dia buat ngedapetin akses. 

Buat kalian yang lagi berjuang, kalian harus tau kalo kalian itu gak sendirian. Kalian gak harus selalu kuat buat orang lain, kalian gak harus selalu terlihat baik-baik aja, kalian manusia biasa yang juga bisa merasakan emosi. Kalo beban itu dirasa udah terlalu berat, kenapa kita harus berusaha buat nanggug sendirian? Akhirnya emosi kita bisa exploaded, akhirnya pecah dan numbruk jauh berantakan dengan impact yang udah terlalu besar. Kita gak layak ngebiarin diri kita tersakiti separah itu baru mencari petolongan. Ketika rasa sakit itu udah lebih parah maka pemulihannya juga bakalan jadi lebih panjang. Inget ya, gak semua yang datang ke profesional itu balik dengan sebuah diagnosa.

  • Tanpa mengakui kelemahan diri, gimana kita bisa semakin kuat ?
  • Tanpa mengakui kekurangan, gimana mungkin kita bisa mengetahui arah mana yang mau kita perbaiki?

Inget ya, diri kita itu gak sempurna dan ga usah berusaha selalu terlihat sempuna dengan menutupinya. Bertumbuhlan dari kekurangan dan kelemahan kita. Manusia itu lemah, makanya harus berusaha buat saling numpu dan kuat. That’s whay we need other. 

credit : https://fi.pinterest.com/pin/370772981821975572/

Jangan takut apalagi malu buat minta bantuan sama orang terdekat dan sangat disarankan untuk datang ke ahlinya yah. Mungkin sulit sih ya awalnya buat cerita gimana keadaan kita ke orang lain, apalagi masalah ini tuh masih tabu banget, tapi gak ada salahnya dicoba kan ? Kalian itu sangat berharga bagi orang lain kalian layak banget mendapatkan kebahagiaan, kalian itu worth it to lived. Life is worth living. Walau rasanya berat banget, kepala dan dada berasa berat dan diteken banget, percayalah kalo harapan itu selalu ada. Saat kamu minta bantuan ke orang lain, kamu BUKAN jadi beban bagi mereka. Jangan tanggung rasa sakit sendirian, karena udah terlalu banyak rasa sakit yang kita tanggung secara sia-sia.  Orang yang kuat itu orang yang mengakui kelemahannya dan ngizinin orang lain buat bantu dan membawa dia kembali bangkit. Bahagia itu akan selalu hadir karena setiap manusia berhak mendapatkannya dan Allah gak mungkin ngambil hak hambaNya.

JANGAN SELF DIAGNOSED YAAA.

Kamu bisa, kamu penting, kamu sangat berarti dan dunia butuh kehadiran kamu.

 Makasih dokter Jieme untuk edukasinya :)

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah mampir dan memberikan komentar di blog saya. Komentar yang berbau SARA akan saya hapus secara otomatis. Terima kasih 🫶🏻