[REVIEW] The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation 023 Sagano Bamboo

by - January 06, 2018

Hallo, gengs ! ini post pertama gw di taun 2018. Gimana taun baru kalian ? asik dong ya pastinya…  di taun 2018 ini udah nemu produk yang cucok meong belom gengs buat mempercantik muka lo? Nah , kali ini gw mau bahas foundation yang lagi hype banget nih yaitu foundation terbaru dari brand The Body Shop yang bernama Matte Clay Skin Clarifying Foundation. Yuk langsung aja ke reviewnya ya!
The Body Shop emang udah dikenal banyak orang sebagai brand kecantikan yang fokus pada komitmennya akan produk berkualitas berbahan alami serta peduli akan lingkungan hidup dan sosial yang positif. And speaking of their newest product, The Body Shop baru aja ngeluarin Matte Clay Skin Clarifying Foundation yang 100% vegan dan pastinya cruelty free. The Body Shop mengklaim kalo their Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini lightweight dan punya hasil full-coverage yang matte. Selain itu produk yang diperkaya dengan Tea Tree Oil ini selain bisa membantu kulit terbebas dari jerawat juga water resistan & sweat resistant! Penasaran sama produk ini? Let’s jump right into this product!
PACKAGING :



Bentuknya simple dalam sebuah tube plastik dengan ukuran 30 ml. Warna packagingnya didominasi oleh warna hitam dan cream which is sesuai dengan shade yang tertera dan menurut gw bikin foundation ini kelihatan ‘mahal’ regardless the fact this is in a tube.. Karena terbuat dari tube plastik, foundation ini praktis banget buat dibawa – bawa. Memang nggak se-fancy kemasan foundation The Body Shop yang satuan sih, but harganya juga di bawah standar rata-rata harga foundation The Body Shop biasanya. Selain itu perbandingan gw adalah foundation lain dengan harga yang sama yang punya kemasan serupa juga, so I don’t really mind. One thing yang menarik adalah nama-nama shadenya yang to be honest SUSAH BANGET BUAT DIINGAT. Baru kali ini gua jengkel sama nama-nama shade -___-
Kemasannya seperti gw bilang di atas pakek squishy tube gitu dengan tutup ulir. Gw bersyukur corong keluarnya produk (funnel) ukurannya lumayan panjang dan lobang keluarnya nggak segede bagong, jadi bisa control seberapa yang mau kita squish. And it’s sanitary.

Di bagian depan, dari atas, ada keterangan nama shadenya, lalu logo The Body Shop, nama foundationnya yang mayan mouth full, lalu ada claimnya, baru nettnya. Di bagian belakang ada penjelasan yang SANGAT PADAT. Gw aja males bacanya… Well.. Other than that I don’t have much to complain about the packaging tho
Oiya one thing that I notice sih kalau foundation ini nggak ada bungkusnya, nggak ada plastic wrapnyanya. Mungkin The Body Shop mau hemat penggunaan plastik ya. Kan tagline mereka sangat earth friendly. Good job.

PRICE :
Brand: The Body Shop
Nama: Matte Clay Skin Clarifying Foundation
Netto: 30 ml
Harga Rp. 169.000,-
Masa pakai: 12 bulan setelah dibuka
Cruelty Free: YES!
Where to buy: Counter The Body Shop
SHADES :
Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini punya beberapa pilihan Shades Yaitu 014 Railay Beach, 021 Havana Sand, 023 Sagano Bamboo, 026 Tamerza Dune, 034 Japanese Maple, Dan  042 Savannah Pecan. Punygw Yang Shade 023 Sagano Bamboo

TIPS:  Kalo kalian cari foundation matte, belinya kalo bisa yang satu atau dua shade lebih terang. Biar kalo pas foundationnya nge-set warnanya bakal match sama warna kulit.

TEXTURE AND REVIEW
Foundation ini lumayan cair mengingat namanya ‘clay’. Dalam bayangan gw, bakal ke arah thick cream, or maybe mousse. Tapi teksturnya cukup cair. Bahkan lebih cair dari pada foundation andalan gw Foundation Wardah, Foundation Makeover . Teksturnya yang cair bikin foundationnya pretty much easy to blend. Tapi eeee tapi gw baru ngerti kenapa foundation ini namanya ‘Matte Clay’, karena setelah dia kering, baru keliatan kayak clay. Walaupun clay, tapi ini halus banget. Teksturnya yang cair malah jadi keuntungan karena lebih gampang buat di blend. I have no problem blending.

Pas gw pake foundation ini, kulit gw masih terasa pake foundation tapi gak terlalu terasa berat. Teksturnya agak kental tapi masih liquid-y. Coverangenya bagusss banget karena coverangenya yang medium to high. Foundation ini bisa menutupi bekas jerawat gw dan bagus banget, gak ngecrak, seneng banget ampe mo nangis huhuhuh. Seperti claim nya yang matte, foundation ini dikulit bener-bener matte ampe gak perlu di set menggunakan bedak, seperti biasaaaa gw make foundie cuma di area-area tertentu aja hehehe gak fullface.
The Body Shop Matte Clay Foundation mengandung manfaat perawatan kulit di dalamnya yaitu tea tree oil dan ghassoul clay. Tea tree oil digunakan sebagai zat antibakteri karena dapat merusak lapisan perlindungan dari bakteri sehingga dapat membersihkan kulit dengan efektif. Nah kata temen kaka gw, setelah make foundie ini, jerawat di muka nya jadi berkurang lo, gengs.
Kandungan perawatan kulit di dalam foundation ini juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih dan tetap membiarkan kulit bernapas. Foundation ini sangat cocok untuk jenis kulit sensitif, serta kombinasi dan berminyak. Sangat ringan sehingga cocok digunakan sehari-hari.
WHAT I LIKE
Super recommended long-wearing matte foundation to try! It literally stay more than 8 hours, bahkan tanpa kita set dengan powder sekalipun. Walaupun hasilnya matte,menurut gw, tapi tampilan matte-nya ini punya kesan natural di kulit yang juga ringan dan nyaman untuk dipake seharian. Coverage-nya yang medium to high jadi nilai tambah buat kita yang suka dandan tipis tapi flawless bebas minyak for everyday look ataupun heavy makeup. Price point dari The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini juga masih bisa dibilang  affordable buat mahasiswi kek gw yang masih ngekos wkwkwk
Kelebihan lainnya yaitu dia tuh kemampuan menutupi jerawat dengan sempurna dan membantu mengurangi tampilan jerawat pada kulit. Selain dapat menutupi jerawat tanpa menyumbat pori, foundation ini juga dapat menutupi kekurangan pada wajah lainnya seperti kantong hitam di bawah mata. Sehingga saat menggunakan produk ini, lo tidak perlu menggunakan concealer atau color corrector untuk menutupi kantong mata. Sesuai dengan kampanye The Body Shop, foundation ini juga 100% vegan formula dan no animal testing.
 WHAT I DON’T LIKE
Teksturnya yang powdery bikin produknya emang bikin produknya agak sedikit susah di baurkan kalo gak langsung lo blend. Selain itu buat yang punya kulit kering, produk ini nggak disarankan karena it feel little bit drying on skin. Pilihan warna yang masuk ke Indonesia juga nggak seberagam negara-negara luar.
Sekian review dari gw, semoga membantu and this is must have item on 2018, gengs !

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah mampir dan memberikan komentar di blog saya. Komentar yang berbau SARA akan saya hapus secara otomatis. Terima kasih 🫶🏻